This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Friday 30 November 2012


TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN

Sehubungan dengan maraknya berita pemanasan global yang mengancam bumi kita maka muncullah teknologi ramah lingkungan yang bermacam-macam .contoh teknologi ramah lingkungan yang telah dapat dirasakan dan digunakan banyak orang adalah busway . Busway adalah transportasi ramah lingkungan karena busway berbahan bakar biogas yang telah dipastikan tidak akan mencemari lingkungan karena tidak menghasilkan asap yang berbahaya.
Teknologi kita memang sudah sangat canggih , mengikuti perkembangan negara-negara maju . Teknologi ramah lingkungan diciptakan dari SDA yang secara terus –menerus dapat dihasilkan atau diperbaharui .
Adapun contoh teknologi ramah lingkungan yang lain yaitu pembangkit listrik tenaga nuklir, nuklir dapat menjadi barang positif dalam teknologio ramah lingkungan ini. Banyak sumber daya alam yang dapat berperan sebagai pembangkit listrik, namun masih menghasilkan asap yang dapat mencemari lingkungan seperti batu bara,
Keuntungan dari teknologi ramah lingkungan yaitu teknologi yang menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang penting sumber daya alam yang tidak akan mencemari lingkungan. Dan yang pasti dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang .


PENDIDIKAN KESENIAN di SEKOLAH


Pendidikan kesenian di sekolah , hingga kini masih belum mendapatkan perhatian serius . Departemen Pendidikan Nasional yang membidangi , juga kurang memberikan perhatiab serius . Akibatnya , pendidikan kesenian di sekolah hanya berjalan ala kadarnya .
Disisi lain,pihak sekolah terkadang masih memandang kesenian dengan sebelah mata dibandingkan dengan bidang lain,seperti olahraga.Banyak sekolah menganggap dirinya mampu mencetak atlet yang hebat.kebijakan pengembangan potensi olahraga bagi siswa-siswi disekolah pun anggarannya tidak sebanding dengan pengembangan kesenian.Contoh nyata,Pembangunan sarana olahraga jauh mengalahkan ketersediaan sarana berekspresi,bahkan juga mengalahkan kepentingan yang paling mendasar seperti perpustakaan.
Sekolah membangun aula megah dan mahal.Ruang kesenian tanpa bentuk berada disitu.Akan tetapi,tak ada satupun ruang khusus untuk kegiatan kesenian,seperti menari,melukis,bermain drama,baca puisi sampai ddengan bermain musik.
Ada dua hal dalam kegiatan pengajaran disekolah,yakni intrakulikuler dan ekstrakulikuler.kegiatan ekstrakulikuler menjadi wilayah pengembangan potensi lebih luas,dan didesain dengan cara lebih bebas dalam waktu dan ruang.Jika tersedia saran memadai,tak hanya potensi kesenian yangtersalurkan,tetapi juga sebagai ruang meredam kebrutalan perilaku jalanan sehingga menjadi masalah sosial.
Kesenian merupakan salah satu  bidang yang seharusnya dapat menanggulangi masalah ini,selain olahraga dan prestasi.Kini,sudah saatnya sekolah memiliki pandangan lebih luas terhadap kegiatan kesenian sekolah.Sekolah juga seharusnya  mempertimbangkan minat,bakat,serta hobi siswa-siswi yang bervariasi.

BUDAYA TRADISIONAL INDONESIA


Perkembangan zaman yang semakin modern membuat budaya tradisional bangsa kita sendiri menjadi terlupakan.Budaya asing yang masuk ke Indonesia semakin banyak , mulai dari pakaian , tarian dan yang lainnya masih banyak lagi .
Semua orang berlomba-lomba mencari barang import , seakan-akan mereka lupa bahwa Indonesia dapat memproduksi barang-barang yang tidak kalah bagusnya .
Mereka selalu merasa bangga pergi ke luar negeri padahal  Indonesia pun memiliki banyak tempat yang indah .
Tarian-tarian yang berasal dari budaya asing seakan mengalahkan tarin asli Indonesia seperti jaipong , tari piring dan reog ponorogo .
Mengapa budaya kita sendiri tidak menjadi raja dinegara kita sendiri ? Mengapa harus budaya asing ? .
Entah apa yang terbersit dibenak kita , jika budaya asli negeri tercinta ini Indonesia diklaim oleh negara tetangga kita  , seakan kita seperti kebakaran jenggot !! .  berusaha mempertahankan budaya yang diklaim tersebut tetapi kalau tidak terjadi pengklaiman budaya itu , kita hanya bersantai ria , tidak berusaha memperkaya diri kita untuk menjadikan budaya asli Indonesia tersebut menjadi raja di negeri sendiri .
Seharusnya kita selalu bangga akan budaya tradisional Indonesia , bukan membiarkan budaya asing menjadi raja diatas tanah air kita dan merusak citra bangsa . 

MAHALNYA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Banyak yang mengatakan bahwa pendidikan akan gratis. Namun, kenyataannya hingga saat ini anak-anak yang kurang mampu dan bertempat tinggal di pinggiran kota, desa, pedalaman masih sangatlah sulit untuk duduk dibangku sekolah dengan masalah biaya sekolah yang masih mahal menurut mereka.
Kata-kata “sekolah akan gratis!!!” itu hanya terdengar saat kampanye-kampanye pemilihan kepala daerah dan sebagainya. Kata-kata itu hanya sebagai ajang promosi tapi hingga saat ini tidak ada yang dilaksanakan. Masih banyak anak-anak yang kecewa kepada pemerintah dalam menangani masalah pendidikan ini.
            Meskipun terdapat sekolah ditegah pedesaan atau biasa disebut dengan sekolah darurat, tetap saja fasilitas yang didapatkan sangatlah minim. Padahal anak-anak sangatlah bersemangat untuk sekolah. Dimusim hujan, mereka harus diliburkan karena bangunan sekolah yang tidak dapat dipakai.
            Beda halnya dengan diperkotaan, sekolah berlomba-lomba meningkatkan fasilitasnya meskipun dengan biaya yang mahal. Bagi orang-orang kota hal itu tidaklah masalah asalkan anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang layak.
            Harusnya pemerintah melihat permasalahan ini. Perbedaan yang signifikan mengenai perkembangan pendidikan diperkotaan dan dipedesaan. Wujudkan mimpi anak-anak yang kurang mampu. Jadikan kata-kata pada saat kampanye itu menjadi kenyataan. 

SEPAKBOLA SEBAGAI KENDARAAN POLITIK

                Macan asia begitulah julukan yang sempat disandang oleh timnas merah putih sekitar tahun 50-an sampai 60-an , timnas Indonesia begitu perkasa dibanding lawan-lawannya dari negara lain , Indonesia begitu disegani , sampai negara lain jika bertemu Indonesia hanya berharap-harap cemas menjadi bulan-bulanan timnas .
            Banyak prestasi yang sudah timnas raih pada saat itu , dari meraih juara pada turnamen Merdeka hingga meraih medali perak asian games 1966 . bahkan pemain timnas Indonesia pernah dipanggil badan sepakbola asia yaitu AFC untuk menjadi pemain all star pada tahun 1967-1968 . timnas begitu dibangga-banggakan oleh para masyarakat Indonesia , bahkan sepakbola menjadi jembatan penghubung dan pemersatu bangsa .
                   Keadaan itu berbanding terbalik dengan sekarang , carut marutnya persepakbolaan nasional diyakini penyebab buruknya prestasi timnas , mulai dari kepengurusan sampai dualisme kompetisi . Sepakbola nasional kini hanya sebagai kendaraan politik bagi sebagian kalangan , dualisme kompetisi kini hanya sebagai pertarungan partai-partai tertentu untuk terus eksis dikancah politik negeri ini . Sungguh miris karena talenta-talenta berbakat negeri ini harus terbuang sia-sia karena politik semata , tidak ada yang mau mengalah satu sama lain menjadi bumbu petinggi negeri ini , “yaa , mungkin karena gengsi satu sama lainnya “ .
            Tak pelak timnas kini hanya mengandalkan pemain-pemain yang berada dibawah naungan organisasi sepakbola terbesar nasional yaitu PSSI , padahal jelas-jelas semua anak negeri ini boleh membela bangsa dan negaranya dibidang apapun tak terkecuali sepakbola . Para pemain naturalisasipun sebagai cara instan untuk meraih  dan mengangkat prestasi timnas garuda ,tetapi hingga kini hanya angan-angan semata , prestasi timnas tetap bobrok karena pembinaan yang berasaskan politik .
            Seharusnya mereka semua sadar dengan apa yang mereka buat , karena telah menghancurkan prestasi anak negeri ini . semoga masih bisa mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang dinegeri orang . Garuda didada , salam satu jiwa !! .


TELEVISI DUNIA KEDUA


            Tayangan televisi masa kini memang sudah beraneka macam tayangan , ada yang dari segi menghibur dan dari segi berita , tayangan untuk anak-anak juga ada tetapi hanya sedikit dari sekian banyak tayangan televisi . Padahal tayangan untuk anak-anak seperti edukasi tersebut bisa memacu perkembangan otak mereka .
            Bagi televisi yang sudah menayangkan program anak-anak pun mereka hanya menanyangkan secara sederhana saja , jauh dari yang dinamakan edukasi , yang ada setiap hari televisi menanyangkan adegan-adegan yang seharusnya tidak ditonton oleh anak-anak dibawah umur karena sangat tidak mendidik , lagipula adegan-adegan tersebut menjurus kepada kekerasan yang nantinya malah akan dicontoh oleh mereka dikehidupan sehari-harinya .
            Mungkin dari segi baiknya tayangan televisi sekarang sudah lebih dewasa untuk memberi simbol-sombol atau peringatan-peringatan kepada penontonnya , khususnya kepada para orangtua yang bisa mengawasi anak-anaknya dari simbol-sombol atau peringatan-peringatan tersebut pada layar televisi . Biasanya televisi mencantumkan simbol seperti D yang berarti tontonan untuk orang yang sudah cukup umur atau DEWASA , simbol lainnya seperti R/BO yang berarti tayangan tersebut dapat ditonton dari umur atau kalangan REMAJA dan juga dapat dibimbing oleh orang tua saat dia menonton televisi tersebut , dan yang terakhir adalah simbol A yang berarti tayangan tersebut khusus untuk tayangan ANAK-ANAK yang jauh dari kesan kekerasan .
            Sepatutnya disetiap keluarga terutama orangtua itu sendiri dapat menjaga anak-anaknya dari tayangan televisi yang bukan dari kalangan umurnya dengan selalu mengawasi saat dia menonton televisi , membuat jadwal menonton televisi sehingga pengaruh buruk terhadap tayangan dapat diminimalisir serta tidak mengganggu jam belajar mereka , dan yang terakhir menertibkan jam tidur anak tersebut agar tayangan televisi pada malam hari yang mungkin tidak terawasi oleh orangtua tersebut . 

         
          

PENCITRAAN ATAU RASA SIMPATIK KEPADA RAKYAT
           
Dalam akhir belakangan ini banyak sekali berita dimedia cetak dan elektronik memberitakan tingkah laku para pemimpin kita . bermacam macam tingkah pola para pemimpin adalah yang tidak mau menggunakan fasilitas pemerintah dimana fasilitas tersebut bisa dia pakai selama menjabat , bahkan sampai ada yang kekantor menggunakan ojek . ya katanya sih untuk menghindari macet .
Dalam sepekan terakhir banyak juga berita yang memberitakan masalah ketegasan kepemimpinan  saat ini , ada juga yang sampai mengunggah video rapat ke youtube , dimana dalam video tersebut pemimpin tersebut bersikap tegas dalam memimpin rapat , tetapi banyak juga yang mengatakan hal tersebut  berlebihan karena mereka seorang pemimpin yang harusnya tidak boleh berkata dengan bernada tinggi atau mengancam .
            Nah , yang demikian tersebut apakah termasuk kedalam pencitraan atau rasa simpatik kah kepada rakyat ?? . 
Kalau dilihat dari sisi positifnya sih mereka ingin menunjukkan bagaimana rasa simpatik kepada rakyat , dengan berbuat demikian mereka menganggap nantinya akan dekat kepada rakyat tetapi apakah semua berpendapat demikian  .
            Sebagian berpendapat bahwa para pemimpin itu hanya mencari pencitraan semata . padahal kalau dilihat dari sejarahnya , pemimpin yang tegas hanya ada pada masa presiden soekarno , yang mampu mengemban tugas dengan amanah serta dekat kepada rakyat . mungkin pemimpin seperti itulah yang bisa menjawab semua permasalahan negeri ini . apakah masih ada pemimpin yang demikian ?? .

Sunday 11 November 2012


Budaya Berbahasa di Indonesia

          Dewasa ini banyak sekali bahasa-bahasa yang mungkin dikatakan sebagai “bahasa gaul”, bahasa yang sering sekali dipakai oleh anak-anak kalangan remaja.
Banyak remaja sekarang ini kurangnya memahami bahasa yang baik dan benar atau bisa dikatakan hilangnya EYD dalam budaya berbahasa pada remaja.
Sangatlah disayangkan apabila kita keluar dari penggunaan EYD karena bagaimanapun juga EYD sangat-sangatlah dipakai dimanapun dan oleh siapapun kita berbicara.
Kurangnya pemahaman tentang EYD karena beberapa faktor yang diantara adalah pergaulan yang dinilai semakin tidak pada aturan penggunaan EYD. Budaya berbahasa di Indonesia dinilai jauh sekali dibandingkan negara-negara lain. Bukanlah sekedar penggunaan EYD saja atau bahasa baku yang dipakai sehari-sehari, tapi kita tertinggal jauhdengan negara tetangga kita yang sehari-harinya menggunakan bahasa inggris. Contohnya Singapura, kini mayoritas penduduk di Singapura menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari dalam berbicara.
Jangankan untuk berbicara dalam menggunakan bahasa inggris, penggunaan bahasa baku dan EYD dalam berbicara sehari-hari saja kadang kita melupakannya sehingga kadang orang asing pun yang bisa berbicara menggunakan bahasa Indonesia tidak banyak yang paham.



Terlebih di jaman sekarang ini bermunculan bahasa-bahasa baru , contohnya seperti bahasa alay . fenomena tersebut sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari remaja di indonesia dalam berbahasa .

Karena remaja sekarang sering menggunakan bahasa Alay dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan, menyebabkan para remaja menjadi sulit menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar . Banyak dari mereka yang lancar dalam penggunaan bahasa Alay, tetapi sangat kesulitan dalam berbahasa Indonesia.
Masyarakat berlainan pendapat dalam menghadapi hal tersebut, ada yang menerima bahasa tersebut dan ada juga yang merasa terganggu. Bagi mereka yang menerima bahasa Alay beralasan karena mereka menganggap itu merupakan kreativitas. Jadi, biarkan saja kaum muda itu menggunakan bahasa sandi mereka sendiri yang ditujukan kepada komunitas mereka sendiri saja . Sedangkan bagi masyarakat lain yang merasa terganggu dengan bahasa Alay, menganggap bahasa Alay sangat sulit dipahami,  juga penulisan dengan huruf alay sangat menyulitkan bagi beberapa orang untuk membacanya dan juga akan merusak tatanan berbudaya berbahasa di indonesia .
Contoh dari ciri-ciri bahasa alay yaitu dengan menggunakan angka untuk menggantikan huruf. Contoh: “4p4 k4B4r 53mU4 ?”. Kapitalisasi yang sangat berantakkan. Contoh:”bAhAsA InDoNesIA” .
Sebagai kesimpulan menurut pribadi saya adalah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar harus diajarkan sejak dini , agar bisa memahami penggunaan EYD dan bahasa yang baik dan benar . Dan ada baiknya pengaruh bahasa asing , alay dan sebagainya bisa disikapi dengan positif untuk terhindar dari penggunaan bahasa yang menyimpang dari bahasa indonesia .