Monday, 29 October 2012

openGL



v GARIS VERTICAL

Untuk membuat garis Vertikal Sintaks yang digunakan adalah :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); sintaks pertama ini digunakan untuk memilih warna yang berfungsi membersihkan latar dalam mode RGBA]
-         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
-         glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
-         glClearColor(1,1,1,0); berfungsi untuk menentukan warna garis/titik
-         glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik
-         glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan atau yang telah ditentukan
-         glVertex3f(0.10,10.0,13.13); digunakan untuk menentukan titik awal yang telah ditentukan.
-         glVertex3f(0,0,0.0); untuk menentukan titik akhir
-         glEnd (); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir 
-         glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
-         SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
-         Sleep (1);

Tekan tombol F9 , file yang akan di compile kemudian di save, lalu jalankan kembali dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error maka akan  menghasilkan output :


OUTPUT VERTICAL :





v GARIS HORIZONTAL
v  Untuk membuat garis Horizontal
v  -         glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
v  -         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
v  -         glPushMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
v  -         glClearColor(1,1,1,0);  untuk menentukan warna garis/titik
v  -         glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik
v  -         glBegin(GL_LINES) untuk menggambar garis dari titik yang digunakan 
v  -         glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
v  -         glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);  untuk menentukan titik awal yang digunakan 
v  -         glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); untuk menentukan titik yang digunakan
v  -         glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);  untuk menentukan titik akhir yang digunakan 
v  -         glEnd();  untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir 
v  -         glPopMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
v  -         SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
v  -         Sleep (1);
v   
v  Tekan tombol F9 , file yang akan di compile kemudian di save, lalu jalankan kembali dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error maka akan  menghasilkan output :


OUTPUT HORIZONTAL :




v GARIS DIAGONAL

Untuk membuat garis Diagonal
-         glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);   untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA
-         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
-         glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
-         glClearColor(1,1,1,0); untuk menentukan warna garis/titik
-         glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik
-         glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik
-         glVertex3f(0,0,-0.8); untuk menentukan titik awal
-         glVertex3f(9.9,8.9,0.1); untuk menentukan titik akhir
-         glEnd (); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
-         glPopMatrix ();  Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
-         SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
-         Sleep (1);

Tekan tombol F9 , file yang akan di compile kemudian di save, lalu jalankan kembali dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error maka akan  menghasilkan output :
OUTPUT DIAGONAL :

















1 comments:

  1. Kita juga mempunyai jurnal mengenai OpenGL, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3308/1/Teknik%20Cube%20Mapping%20.pdf
    Semoga bermanfaat ;)

    ReplyDelete