v GARIS VERTICAL
Untuk membuat garis
Vertikal Sintaks yang digunakan adalah :
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); sintaks pertama ini digunakan untuk memilih
warna yang berfungsi membersihkan latar dalam mode RGBA]
- glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan
warna hitam
- glPushMatrix
(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
- glClearColor(1,1,1,0);
berfungsi untuk menentukan warna garis/titik
- glColor3f(1,1,1);
// untuk menentukan warna garis/titik
- glBegin(GL_LINES); untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan atau yang telah ditentukan
- glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
digunakan untuk menentukan titik awal yang telah ditentukan.
- glVertex3f(0,0,0.0); untuk
menentukan titik akhir
- glEnd
(); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
- glPopMatrix
(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
- SwapBuffers
(hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
- Sleep
(1);
Tekan
tombol F9 , file yang akan di compile kemudian di save, lalu jalankan kembali
dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error maka akan menghasilkan
output :
OUTPUT VERTICAL :
v GARIS HORIZONTAL
v Untuk
membuat garis Horizontal
v - glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalam mode RGBA
v - glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan
warna hitam
v - glPushMatrix(); Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
v - glClearColor(1,1,1,0);
untuk menentukan warna garis/titik
v - glColor3f(1,1,1);
// untuk menentukan warna garis/titik
v - glBegin(GL_LINES) untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan
v - glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f);
v - glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik awal yang digunakan
v - glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f); untuk menentukan titik yang digunakan
v - glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik akhir yang digunakan
v - glEnd();
untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
v - glPopMatrix(); Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
v - SwapBuffers
(hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
v - Sleep
(1);
v
v Tekan
tombol F9 , file yang akan di compile kemudian di save, lalu jalankan kembali
dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error maka akan menghasilkan
output :
OUTPUT HORIZONTAL :
v GARIS DIAGONAL
Untuk membuat garis
Diagonal
- glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA
- glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan
warna hitam
- glPushMatrix
(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
- glClearColor(1,1,1,0); untuk
menentukan warna garis/titik
- glColor3f(1,1,1);
// untuk menentukan warna garis/titik
- glBegin(GL_LINES); untuk
menggambar garis dari titik
- glVertex3f(0,0,-0.8); untuk
menentukan titik awal
- glVertex3f(9.9,8.9,0.1); untuk
menentukan titik akhir
- glEnd
(); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
- glPopMatrix
(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
- SwapBuffers
(hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
- Sleep
(1);
Tekan tombol F9 , file
yang akan di compile kemudian di save, lalu jalankan kembali dengan menekan
tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error maka akan menghasilkan
output :
OUTPUT DIAGONAL :
Kita juga mempunyai jurnal mengenai OpenGL, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
ReplyDeletehttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3308/1/Teknik%20Cube%20Mapping%20.pdf
Semoga bermanfaat ;)